Friday, April 18, 2014

daftar riwayat hidup



DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI
Nama Lengkap                  : Nurlia
Tempat Tanggal Lahir     : Bekasi, 28 September 1991
Domisilli                               : Bekasi
Jenis Kelamin                     : Perempuan
Agama                                  : Islam
Status                                   : Belum Menikah
Tinggi                                    : 152 cm
Telepon                               : 083844675873
E-mail                                    : nurlia109@yahoo.com

PENDIDIKAN
A. Formal
1.       SDN BJRL X
2.       SMPN 16 BEKASI
3.       SMK ABDI NEGARA

B. Non Formal
1.       Kursus komputer di ILC bersertifikat
2.       Kursus bahasa inggris di PEC bersertifikat
3.       Kursus perpajakan brevet A & B bersertifikat

KEMAMPUAN
·         Menguasai Komputer ( Ms.Office, Power Point, Excel )
·         Menguasai bahasa inggris

PENGALAMAN KERJA
·         PT. TRANSMEDIA
Masa jabatan 2010 – 2012
Posisi : Staff Administrasi

Monday, April 14, 2014

komunikasi efektif di tempat kerja



Komunikasi Efektif di Tempat Kerja


Komunikasi merupakan proses dua arah. Di mana sebuah komunikasi akan sukses bila penerima pesan memahami apa yang dimaksudkan oleh pengirim.
Demi kelancaran fungsi dan efisien dari sebuah organisasi, komunikasi yang efektif di tempat kerja sangatlah penting. Untuk itu, seorang manajer harus memiliki komunikasi yang baik dengan bawahannya.

Dalam sebuah organisasi harus ada komunikasi dua arah. Seorang manajer harus memiliki kontak pribadi bawahannya. Karena seorang manajer harus mengkomunikasikan tujuan dan kebijakan kepada bawahannya dan harus mendapatkan umpan balik dari itu.
Dalam proses komunikasi, umpan balik memainkan peranan yang sangat penting. hal ini akan memungkinkan kita untuk mengevaluasi efektivitas pesan. Memberikan kesempatan kepada bawahan untuk memberikan umpan balik sangat penting untuk menjaga iklim komunikasi terbuka. Seorang manajer harus menciptakan lingkungan yang mendorong umpan balik.
Sebagai contoh, setelah mengkomunikasikan tugas dan pekerjaan, seorang manajer harus bertanya, “Apakah kalian semua mengerti?”, “Apakah sudah jelas?”, “Apakah ada yang perlu ditanyakan?”, dan lainnya. Hal ini akan memastikan apakah pesan yang disampaikan sudah dipahami atau belum.

Sebuah komunikasi baik ke atas maupun ke bawah sama pentingnya. Seorang manajer akan terus mencari informasi tentang kepuasan kerja karyawan, perasaan karyawan kepada rekan-rekan mereka, dan tentang organisasi pada umumnya untuk dikomunikasikan ke atas.
Komunikasi ke bawah juga sama pentingnya, seorang manajer dapat memberikan intruksi kerja, menjelaskan peran dan kebijakan dan menjelaskan masalah-masalah yang perlu diselesaikan dengan segera.
           
Demikian pula kita memiliki komunikasi horizontal dalam sebuah organisasi yang juga sangat penting. Adalah penting ketika orang bekerja di tingkat yang sama harus memiliki komunikasi yang efektif di antara mereka sehingga ada koordinasi di antara mereka.
Komunikasi di tempat kerja harus jelas, ringkas dan spesifik. Harus ada penggunaaan bahasa yang efektif di tempat kerja. Bahasa tubuh mencerminkan posisi seseorang dalam sebuah organisasi. Untuk itu, seorang manajer harus memiliki dan menunjukkan bahasa tubuh yang efektif saat berkomunikasi dengan bawahannya.

http://www.marketing.co.id/komunikasi-efektif-di-tempat-kerja/

meningkatkan keterampilan komunikasi



CARA MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI

Komunikasi merupakan suatu keterkaitan antara individu-individu dengan organisasi. Kemampuan untuk memahami apa yang sedang terjadi sangat tergantung pada kepekaan seseorang sebagai komunikator. Bila dinamika komunikasi telah diketahui, apa yang sedang terjadi dalam suatu organisasi dapat terbaca dengan akurat. Jaringan komunikasi yang jelas juga memungkinkan tersampaikannya pesan-pesan dengan baik.

Di samping itu, keterampilan komunikasi, kemampuan membaca, menulis, mendengar, dan berbicara, sangat penting dan harus dimiliki oleh para pimpinan perusahaan, karena merupakan faktor yang sangat mempengaruhi keberhasilan dalam dunia bisnis.

Seorang sekertaris, pelatih manajemen, akuntan, analis keuangan, pialang, peneliti atau spesialis sumber daya manusia, membutuhkan kemampuan berkomunikasi dengan orang lain secara efektif dan efisien. Namun demikian, beberapa jenis pekerjaan memerlukan keterampilan komunikasi yang lebih besar daripada yang lain. Sebagai contoh, seorang salesman atau seorang spesialis hubungan masyarakat memerlukan keterampilan komunikasi yang lebih besar dibanding seorang peneliti di laboratorium.

Beberapa keterampilan khusus yang diperlukan dalam komunikasi bisnis adalah :
a.       Membaca
b.      Mendengarkan
c.       Membuat atau melakukan percakapan yang menarik
d.      Melakukan wawancara
e.      Berhubungan dengan kelompok-kelompok kecil
f.        Berpidato dan melakukan presentasi
g.       Menulis surat, memo dan laporan

Barangkali, cara terbaik untuk melakukan perbaikan program adalah dengan menilai diri pribadi secara jujur. Setiap orang berkeinginan untuk mengembangkan keterampilan berkomunikasi, dan mungkin anda adalah seorang pendengar yang baik, atau mungkin penulis yang baik. Dalam beberapa hari kemudian, coba perhatikan kemauan anda berkomunikasi, ada perbaikan atau tidak. Coba perhatikan cara anda berkomunikasi, yang benar dan yang salah. Selanjutnya, pusatkan dan kembangkan keterampilan anda pada bidang-bidang yang paling lemah. Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi adalah melalui latihan-latihan atau praktek-praktek.

Dalam kehidupan banyak dijumpai orang-orang yang tidak begitu saja menjadi penulis atau pembicara yang ulung. Mereka menjadi orator ulung atau penulis jempolan karena mereka melakukan latihan dan praktek secara teratur dan terus-menerus. Seseorang yang telah menulis sepuluh buah laporan biasanya akan menghasilkan tulisan yang lebih baik daripada mereka yang hanya menulis dua laporan. Anda belajar dari pengalaman, dan pelajaran yang paling penting dari pengalaman anda adalah dari kesalahan dan kegagalan yang pernah anda lakukan.

Referensi :           Djoko Purwanto, Komunikasi Bisnis, Erlangga

komunikasi yang efektif



Tips Komunikasi yang Efektif

Keberhasilan karyawan bukan hanya berdasar pada profesionalisme dan kerja keras, networking dan hubungan dengan rekan kerja juga memegang peranan penting. Walaupun perkembangan teknologi kini sudah sangat berkembang akan tetapi communication skill masih memegang peranan penting untuk penyampaian informasi yang efektif.



Dala kehidupan sehari-hari, khususnya pada percakapan antar pribadi terkadang muncul kesalahpahaman atau salah tanggap dikarenakan komunikasi yang tidak baik. Cukup mengejutkan hal ini biasanya terjadi dikarenakan perbedaan budaya atau bahasa. Beberapa orang bahkan tetap mengalami kesulitan untuk berkomunikasi dengan atasan atau rekan kerja yang menggunakan bahasa yang dan memiliki budaya yang sama. Biasanya komunikasi yang efektif terjadi di dalam kelompok dan dan hanya dengan teman dekat, dimana saling pengertian dan keinginan untuk mendengarkan merupakan menjadi bagian penting dari proses komunikasi.



Sunday, April 6, 2014

contoh surat lamaran kerja



Bekasi, 5 Maret 2014

Hal : Lamaran
Lampiran : 6 (lima) lembar

Kepada Yth.
Manager HRD
PT. Sugity Creatives
Blok J No. 17 Cikarang Barat
 Bekasi 17842

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:
Nama                                    : Nurlia
Tempat/tanggal lahir               : Bekasi, 28 September 1991
Alamat                                  : Rawa lumbu No.93
Telepon                                 : 083877724241
Bermaksud melamar pekerjaan sebagai “staff administrasi” pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, bersama surat ini saya lampirkan:

  1. Pas foto ukuran 4 x 6 
  2.  Salinan KTP
  3. Daftar riwayat hidup 
  4.  Salinan ijazah terakhir 
  5.  Salinan surat pengalaman kerja
  6. Salinan SKCK
Demikian surat lamaran ini saya buat. Besar harapan saya untuk diterima diperusahaan Bapak/Ibu. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,

Nurlia