CARA MEMPERBAIKI KOMUNIKASI
Dalam melakukan komunikasi adakalanya hasil yang
dicapai tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Dengan kata lain, komunikasi
yang terjadi tidak efektif, sehingga tidak mencapai sasaran dengan baik. Untuk dapat
melakukan komunikasi yang efektif diperlukan beberapa persyaratan, antara lain:
persepsi, ketepatan, kredibilitas, pengendalian, dan kecocokan/keserasian.
1.
Persepsi
Komunikator
harus dapat memprediksi apakah pesan-pesan yang akan disampaikannya dapat
diterima oleh penerima pesan. Bila prediksinya tepat, audience akan membaca
atau menerima tanggapannya dengan benar. Audience sebagai penerima pesan, lalu
akan mengantisipasi reaksi komunikator untuk menyusun pesan yang diterima bagi
diri mereka, dengan tetap melakukan penyesuaian untuk menghindari
kesalahpahaman dalam komunikasi tersebut.
2.
Ketepatan
Audience
mempunyai suatu kerangka pikir. Agar komunikasi yang dilakukan mencapai
sasaran, komunikator perlu mengekspresikan hal yang ingin disampaikan sesuai
dengan kerangka pikir audience. Apabila hal tersebut diabaikan, maka yang
muncul adalah miscommunication.
3.
Kredibilitas
Dalam berkomunikasi,
komunikator perlu memiliki suatu keyakinan bahwa audience-audiencenya adalah
orang-orang yang dapat dipercaya. Demikian juga sebaliknya, komunikator harus
mempunyai suatu keyakinan akan inti pesan dan maksud yang ingin mereka
sampaikan.
4.
Pengendalian
Dalam berkomunikasi,
audience akan memberikan suatu reaksi atau tanggapan terhadap pesan yan
disampaikan. Reaksi mereka dapat membuat komunikator tertawa, menangis,
bertindak, mengubah pikiran atau bersikap lemah lembut. Hal ini ditentukan oleh
intensitas reaksi yang dilontarkan audience terhadap apa yang disampaikan oleh
komunikator. Sebaliknya, reaksi audience tergantung pada berhasil atau tidaknya
komunikator mengendalikan audiencenya saat melakukan komunikasi.
5.
Kecocokan/keserasian
Komunikator yang baik selalu
dapat menjaga hubungan persahabatan yang menyenangkan dengan audience sehingga
komunikasi dapat berjalan lancar dan mencapai tujuannya. Seorang komunikator
yang baik juga akan menghormati dan berhasil memberi kesan yang baik kepada
audience-nya.
Referensi : Djoko Purwanto, Komunikasi Bisnis, Erlangga