Thursday, October 10, 2013

rencana usaha



RENCANA USAHA
G2K "Getuk Gulung"

 
BAB I
PENDAHULUAN

1.  LATAR BELAKANG PERUSAHAAN
Sekarang ini minat masyarakat terhadap kuliner begitu besar, bukan hanya kuliner dari dalam negeri tapi kuliner dari luar negeri juga banyak diminati oleh masyarakat. Maka dari itu kami berencana untuk membuka sebuah usaha kecil di bidang kuliner.
 Dalam kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktivitas yang dijalani oleh setiap orang. dengan aktivitas yang semakin padat, membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan tambahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Makanan-makanan yang tersedia dipasaran saat ini memang sudah beragam, tetapi umumnya makanan tersebut bukanlah makanan khas Indonesia, serta harga yang ditawarkan juga kebanyakan terlalu mahal.
Sehingga kami terdorong untuk membuat makanan berbahan dasar dari singkong yaitu G2K “GETUK GULUNG” alasan kami memilih panganan dari singkong, karena singkong merupakan bahan makanan dengan kandungan karbohidrat  yang lebih rendah dari nasi dan roti, dengan kandungan serat yang tinggi sehingga membuat perut tetap terasa kenyang dalam waktu yang lama.

BAB II
ISI BUSINESS PLAN

G2K berdiri pada tanggal 9 oktober 2013,  sebuah perusahaan yang bergerak di bidang kuliner yang beralamatkan di jl. Setia darma no. 93 Bekasi. Perusahaan ini berdiri karena kami termotivasi akibat maraknya kuliner-kuliner dari luar negeri yang sekarang ini sedang menjamur di indonesia. Maka dari itu kami berinovasi dari panganan khas indonesia yang kami rubah cara penyajiannya yang semula panganan getuk biasa menjadi getuk dengan variasi baru yaitu getuk gulung. Adapun tujuan kami membuat usaha getuk gulung ini agar supaya makanan khas indonesia tidak tergeser keberadaannya oleh makanan-makanan luar negeri.

BAB III
ANALISIS USAHA

1. SWOT
a.       Strenght (kekuatan)
§  Bahan mudah didapat
§  Untuk semua kalangan
b.      Weakness (kelemahan)
§  Mudah basi
§  Produk mudah ditiru
c.       Opportunity (peluang)
§  Belum banyak yang menjual makanan yang serupa
d.      Treats (ancaman)
§  Munculnya pesaing baru

2. Segmentasi pasar yang dimasuki
A.   Target dan Segmentasi Pasar
§  Geografi
Wilayah yang kami jadikan target pemasaran adalah wilayah di daerah kampus Gunadarma kalimalang dan sekitarnya.
§  Demografi
     G2K dapat ditujukan untuk semua kalangan baik anak-anak maupun dewasa. Produk kami memiliki harga yang terjangkau sehingga setiap kalangan dapat mengkonsumsinya.

B.   Strategi Pasar
§  Perkenalan bisnis
Produk makanan yang kami tawarkan merupakan makanan yang enak dan mengenyangkan dengan harga terjangkau. Produk kami bernama “G2K” getuk gulung berbahan dasar dari singkong dan kami akan terus berinovasi dengan produk getuk gulung kami agar pelanggan tidak bosan.
§  Menciptakan inovasi pada design yang ditawarkan
Kami akan berinovasi lagi dengan menawarkan produk baru tapi tetap dengan bahan utama dari singkong yaitu getuk goreng dan getuk aneka rasa.
§  Meningkatkan kualitas pelayanan
Perusahaan kami akan terus berusaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen dari segi rasa dan layanan kami.
BAB IV
DESKRIPSI TENTANG USAHA

1. Produk yang dihasilkan










Keistimewaan G2K:
§  Harga terjangkau untuk semua kalangan
§  Dengan rasa yang enak dan mengenyangkan
2. Jasa pelayanan
            untuk sementara waktu jasa pelayanan kami hanya dari penjualan secara langsung kepada konsumen. 

BAB V
RENCANA PRODUKSI

1. Bahan Baku dan Penggunaannya
Bahan Getuk Gulung :
  • Singkong / ubi kayu, kupas, potong-potong
  • Gula pasir
  • Margarin
  • Vanili bubuk, 1/2 sendok teh
  • Garam, 1/2 sendok teh
  • Pewarna makanan merah muda, hijau dan kuning secukupnya
  • Kelapa setengah tua, 1/2 buah, parut panjang

Cara membuat Getuk Gulung :
  1. Campur kelapa dengan sedikit garam, aduk dan kukus selama 25 menit. Angkat dan sisihkan.
  2. Kukus singkong hingga matang dan lunak. Angkat.
  3. Tumbuk singkong selagi hangat hingga halus. Campur dengan semua bahan kecuali pewarna. Aduk rata.
  4. Bagi adonan menjadi 3 bagian, tambahkan tiap bagian adonan dengan warna yang berbeda ( merah muda, hijau dan kuning ).
  5. Giling masing-masing adonan dengan ketebalan 0.3 cm.
  6. Letakkan adonan di atas plastik, susun adonan berlapis dengan urutan warna : merah, hijau, kuning.
  7. Gulung adonan sambil ditekan hingga padat, potong adonan 2 cm. Taburi dengan kelapa parut. Sajikan.

2. kapasitas  Produksi
1.      Kapasitas produksi rata-rata perbulan       :           350/bulan
2.      Target kapasitas produksi sebulan             :           350/bulan

BAB VI
RENCANA PEMASARAN
1. Penetapan harga
      Untuk penetapan harga dari produk G2K ”Getuk Gulung” kami ini sebesar:
§  Price List              : Rp1500,-/pcs
2. Promosi yang dilakukan
§  Advertising                      : Menggunakan sosial media
§  Sales Promotion               : Mempromosikan penjualan  kepada  pelanggan
§  Personal Selling                : Menjual kepada pelanggan secara langsung
3. Place
§  Berlokasi di wilayah  Universitas Gunadarma Kalimalang dan sekitarnya

BAB VII
PERENCANAAN ORGANISASI

1. Bentuk kepemilikan dan struktur organisasi
     Bentuk kepemilikan perusahaan kami adalah persekutuan dimana beranggotakan 6 orang dengan sumber modal patungan dari anggota. Yang setiap anggota memiliki peranannya masing-masing seperti yang bertindak sebagai ceo, General manager, production, financial dan marketing.

2. Informasi tentang partner

Tingkat Pendidikan
Jumlah
Bagian/Departemen
Jumlah
SD

MANAJEMEN
1
SMP

PRODUKSI
2
SMA
6
PEMASARAN
2
D3 / SARJANA

KEUANGAN
1

3. Uraian tentang kekuasaan
·         CEO (Direktur Utama)
Mengontrol, memonitoring semua kegiatan yang ada dalam perusahaan dan mampu membaca laporan keuangan perusahaan serta dapat mengambil keputusan.
·         General Manajer
Dapat mengatur seluruh departemen bagian dan menjalankan strategi perusahaan.
·         Financial Manajer
Mengontrol dan memonitoring semua yang berhubungan dengan masalah keuangan perusahaan, dan dapat mengatasi masalah keuangan.
·         Production Manajer
Dapat bertanggung jawab terhadap produksi dan menginovasikan produk yang akan diperjual  belikan.
·         Marketing Manajer
Dapat mempromosikan dan menawarkan produk yang perusahaan miliki melalui berbagai media.

BAB VIII
PERENCANAAN PERMODALAN
1. Sumber modal
Modal sendiri                                          Rp. 300.000,-

2. Penentuan Harga Produksi
1.      Biaya Bahan Baku                      Rp. 200.000,-
2.      Biaya Penolong                           Rp. 100.000,-
            Total Produksi BB + BP             Rp. 300.000,-

Sehingga Harga Pokok Produksi/pcs G2K adalah :
Rp. 300.000/350pcs = Rp. 857,-/pcs
Perkiraan laba yang diharapkan perusahaan kami sebesar Rp. 643,-/pcs
Jadi penentuan harga jual per pcs G2k adalah sebesar Rp. 1500,-/pcs

BAB IX
RESIKO

1. Evaluasi tentang kelemahan bisnis
Dalam mendirikan sebuah usaha tidak selamanya akan mengalami keberhasilan tetapi ada juga suatu kegagalan. Kegagalan-kegagalan tersebut merupakan sebuah kelemahan dalam perkembangan perusahaan kami. Salah satu kelemahan yang terjadi dalam perusahaan kami yaitu keterbatasan sumber modal, Harga bahan baku yang kurang stabil. Selain itu karena adanya pesaing-pesaing baru yang bermunculan dengan jenis produk yang serupa karena produk kami sangat mudah ditiru.

No comments:

Post a Comment