RENCANA USAHA
G2K "Getuk Gulung"
BAB I
PENDAHULUAN
1. LATAR BELAKANG PERUSAHAAN
Sekarang ini minat masyarakat terhadap kuliner begitu besar, bukan
hanya kuliner dari dalam negeri tapi kuliner dari luar negeri juga banyak
diminati oleh masyarakat. Maka dari itu kami berencana untuk membuka sebuah usaha
kecil di bidang kuliner.
Dalam
kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktivitas yang dijalani oleh setiap orang.
dengan aktivitas yang semakin padat, membuat banyak orang membutuhkan asupan
makanan tambahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Makanan-makanan yang
tersedia dipasaran saat ini memang sudah beragam, tetapi umumnya makanan
tersebut bukanlah makanan khas Indonesia, serta harga yang ditawarkan juga
kebanyakan terlalu mahal.
Sehingga kami terdorong untuk membuat makanan berbahan dasar dari
singkong yaitu G2K “GETUK GULUNG” alasan kami memilih panganan dari singkong, karena
singkong merupakan bahan makanan dengan kandungan
karbohidrat yang lebih rendah dari nasi dan roti, dengan kandungan serat
yang tinggi sehingga membuat perut tetap terasa kenyang dalam waktu yang lama.
BAB
II
ISI
BUSINESS PLAN
G2K berdiri pada tanggal 9 oktober 2013, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang
kuliner yang beralamatkan di jl. Setia darma no. 93 Bekasi. Perusahaan ini
berdiri karena kami termotivasi akibat maraknya kuliner-kuliner dari luar
negeri yang sekarang ini sedang menjamur di indonesia. Maka dari itu kami berinovasi
dari panganan khas indonesia yang kami rubah cara penyajiannya yang semula
panganan getuk biasa menjadi getuk dengan variasi baru yaitu getuk gulung.
Adapun tujuan kami membuat usaha getuk gulung ini agar supaya makanan khas
indonesia tidak tergeser keberadaannya oleh makanan-makanan luar negeri.
BAB
III
ANALISIS
USAHA
1. SWOT
a.
Strenght
(kekuatan)
§ Bahan mudah didapat
§ Untuk semua kalangan
b.
Weakness
(kelemahan)
§ Mudah basi
§ Produk mudah ditiru
c.
Opportunity
(peluang)
§ Belum banyak yang menjual makanan yang serupa
d.
Treats
(ancaman)
§ Munculnya pesaing baru
2. Segmentasi
pasar yang dimasuki
A. Target dan Segmentasi Pasar
§ Geografi
Wilayah yang kami jadikan target pemasaran adalah
wilayah di daerah kampus Gunadarma kalimalang dan sekitarnya.
§ Demografi
G2K dapat ditujukan untuk semua kalangan baik anak-anak maupun
dewasa. Produk kami memiliki harga yang terjangkau sehingga setiap kalangan
dapat mengkonsumsinya.
B. Strategi Pasar
§ Perkenalan
bisnis
Produk makanan yang kami tawarkan merupakan makanan
yang enak dan mengenyangkan dengan harga terjangkau. Produk kami bernama “G2K”
getuk gulung berbahan dasar dari singkong dan kami akan terus berinovasi dengan
produk getuk gulung kami agar pelanggan tidak bosan.
§ Menciptakan
inovasi pada design yang ditawarkan
Kami akan berinovasi lagi dengan menawarkan produk
baru tapi tetap dengan bahan utama dari singkong yaitu getuk goreng dan getuk
aneka rasa.
§ Meningkatkan
kualitas pelayanan
Perusahaan
kami akan terus berusaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen
dari segi rasa dan layanan kami.
BAB
IV
DESKRIPSI
TENTANG USAHA
1. Produk yang dihasilkan
Keistimewaan G2K:
§ Harga
terjangkau untuk semua kalangan
§ Dengan
rasa yang enak dan mengenyangkan
2. Jasa pelayanan
untuk sementara waktu jasa pelayanan kami hanya dari
penjualan secara langsung kepada konsumen.
BAB V
RENCANA PRODUKSI
1.
Bahan Baku dan Penggunaannya
Bahan Getuk Gulung :
- Singkong / ubi kayu, kupas, potong-potong
- Gula pasir
- Margarin
- Vanili bubuk, 1/2 sendok teh
- Garam, 1/2 sendok teh
- Pewarna makanan merah muda, hijau dan kuning secukupnya
- Kelapa setengah tua, 1/2 buah, parut panjang
Cara membuat Getuk Gulung :
- Campur kelapa dengan sedikit garam, aduk dan kukus selama 25 menit. Angkat dan sisihkan.
- Kukus singkong hingga matang dan lunak. Angkat.
- Tumbuk singkong selagi hangat hingga halus. Campur dengan semua bahan kecuali pewarna. Aduk rata.
- Bagi adonan menjadi 3 bagian, tambahkan tiap bagian adonan dengan warna yang berbeda ( merah muda, hijau dan kuning ).
- Giling masing-masing adonan dengan ketebalan 0.3 cm.
- Letakkan adonan di atas plastik, susun adonan berlapis dengan urutan warna : merah, hijau, kuning.
- Gulung adonan sambil ditekan hingga padat, potong adonan 2 cm. Taburi dengan kelapa parut. Sajikan.
2.
kapasitas Produksi
1. Kapasitas
produksi rata-rata perbulan : 350/bulan
2. Target
kapasitas produksi sebulan : 350/bulan
BAB VI
RENCANA PEMASARAN
1.
Penetapan harga
Untuk penetapan harga dari produk G2K
”Getuk Gulung” kami ini sebesar:
§ Price
List : Rp1500,-/pcs
2.
Promosi yang dilakukan
§ Advertising : Menggunakan sosial media
§ Sales
Promotion : Mempromosikan penjualan
kepada pelanggan
§ Personal
Selling : Menjual kepada pelanggan secara langsung
3. Place
§ Berlokasi
di wilayah Universitas Gunadarma
Kalimalang dan sekitarnya
BAB VII
PERENCANAAN ORGANISASI
1.
Bentuk kepemilikan dan struktur organisasi
Bentuk kepemilikan perusahaan kami adalah
persekutuan dimana beranggotakan 6 orang dengan sumber modal patungan dari
anggota. Yang setiap anggota memiliki peranannya masing-masing seperti yang
bertindak sebagai ceo, General manager, production, financial dan marketing.
2.
Informasi tentang partner
Tingkat
Pendidikan
|
Jumlah
|
Bagian/Departemen
|
Jumlah
|
SD
|
MANAJEMEN
|
1
|
|
SMP
|
PRODUKSI
|
2
|
|
SMA
|
6
|
PEMASARAN
|
2
|
D3 / SARJANA
|
KEUANGAN
|
1
|
3.
Uraian tentang kekuasaan
·
CEO
(Direktur Utama)
Mengontrol, memonitoring semua
kegiatan yang ada dalam perusahaan dan mampu membaca laporan keuangan
perusahaan serta dapat mengambil keputusan.
·
General
Manajer
Dapat mengatur seluruh departemen
bagian dan menjalankan strategi perusahaan.
·
Financial
Manajer
Mengontrol dan memonitoring semua
yang berhubungan dengan masalah keuangan perusahaan, dan dapat mengatasi
masalah keuangan.
·
Production
Manajer
Dapat bertanggung jawab terhadap
produksi dan menginovasikan produk yang akan diperjual belikan.
·
Marketing
Manajer
Dapat mempromosikan dan menawarkan
produk yang perusahaan miliki melalui berbagai media.
BAB VIII
PERENCANAAN PERMODALAN
1.
Sumber modal
Modal sendiri Rp.
300.000,-
2.
Penentuan Harga Produksi
1. Biaya Bahan Baku Rp.
200.000,-
2. Biaya Penolong Rp.
100.000,-
Total Produksi BB + BP Rp. 300.000,-
Sehingga Harga
Pokok Produksi/pcs G2K adalah :
Rp.
300.000/350pcs = Rp. 857,-/pcs
Perkiraan laba
yang diharapkan perusahaan kami sebesar Rp. 643,-/pcs
Jadi penentuan
harga jual per pcs G2k adalah sebesar Rp. 1500,-/pcs
BAB IX
RESIKO
1.
Evaluasi tentang kelemahan bisnis
Dalam
mendirikan sebuah usaha tidak selamanya akan mengalami keberhasilan tetapi ada
juga suatu kegagalan. Kegagalan-kegagalan tersebut merupakan sebuah kelemahan
dalam perkembangan perusahaan kami. Salah satu kelemahan yang terjadi dalam
perusahaan kami yaitu keterbatasan sumber modal, Harga bahan baku yang kurang
stabil. Selain itu karena adanya pesaing-pesaing baru yang bermunculan dengan
jenis produk yang serupa karena produk kami sangat mudah ditiru.
No comments:
Post a Comment