Saturday, November 2, 2013

Pengembangan Rencana Usaha



BAB I
PENDAHULUAN

1.  LATAR BELAKANG PERUSAHAAN

Sekarang ini minat masyarakat terhadap kuliner begitu besar, bukan hanya kuliner dari dalam negeri tapi kuliner dari luar negeri juga banyak diminati oleh masyarakat. Maka dari itu kami berencana untuk membuka sebuah usaha kecil di bidang kuliner.
Dalam kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktivitas yang dijalani oleh setiap orang. dengan aktivitas yang semakin padat, membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan tambahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Makanan-makanan yang tersedia dipasaran saat ini memang sudah beragam, tetapi umumnya makanan tersebut bukanlah makanan khas Indonesia, serta harga yang ditawarkan juga kebanyakan terlalu mahal.
Sehingga kami terdorong untuk membuat makanan berbahan dasar dari singkong yaitu G2K “GETUK GULUNG” alasan kami memilih panganan dari singkong, karena singkong merupakan bahan makanan dengan kandungan karbohidrat  yang lebih rendah dari nasi dan roti, dengan kandungan serat yang tinggi sehingga membuat perut tetap terasa kenyang dalam waktu yang lama.

2.  IDENTIFIKASI USAHA
·         Nama Usaha                : G2K “Getuk Gulung”
·         Pemilik Usaha             : Nurlia
·         Alamat Usaha             : jl. Setia darma no. 93 Bekasi
·         Contact person            : (021) 87644521

3. TUJUAN USAHA
·         Memenuhi kebutuhan konsumen
·         Menciptakan lapangan kerja
·         Memberikan inovasi baru di bidang kuliner


      

BAB II
LANDASAN TEORI
G2K “Getuk Gulung” adalah panganan yang berbahan dasar singkong dengan taburan parutan kelapa serta  dengan variasi warna yang menarik.
G2K berdiri pada tanggal 9 oktober 2013,  sebuah perusahaan yang bergerak di bidang kuliner yang beralamatkan di jl. Setia darma no. 93 Bekasi. Perusahaan ini berdiri karena kami termotivasi akibat maraknya kuliner-kuliner dari luar negeri yang sekarang ini sedang menjamur di indonesia. Maka dari itu kami berinovasi dari panganan khas indonesia yang kami rubah cara penyajiannya yang semula panganan getuk biasa menjadi getuk dengan inovasi baru yaitu getuk gulung. Adapun tujuan kami membuat usaha getuk gulung ini agar supaya makanan khas indonesia tidak tergeser keberadaannya oleh makanan-makanan luar negeri.
1. Langkah-Langkah pembuatan getuk gulung
    Bahan Getuk Gulung :
  • Singkong / ubi kayu, kupas, potong-potong
  • Gula pasir
  • Margarin
  • Vanili bubuk, 1/2 sendok teh
  • Garam, 1/2 sendok teh
  • Pewarna makanan merah muda, hijau dan kuning secukupnya
  • Kelapa setengah tua, 1/2 buah, parut panjang

    Cara membuat Getuk Gulung :
  1. Campur kelapa dengan sedikit garam, aduk dan kukus selama 25 menit. Angkat dan sisihkan.
  2. Kukus singkong hingga matang dan lunak. Angkat.
  3. Tumbuk singkong selagi hangat hingga halus. Campur dengan semua bahan kecuali pewarna. Aduk rata.
  4. Bagi adonan menjadi 3 bagian, tambahkan tiap bagian adonan dengan warna yang berbeda ( merah muda, hijau dan kuning ).
  5. Giling masing-masing adonan dengan ketebalan 0.3 cm.
  6. Letakkan adonan di atas plastik, susun adonan berlapis dengan urutan warna : merah, hijau, kuning.
  7. Gulung adonan sambil ditekan hingga padat, potong adonan 2 cm. Taburi dengan kelapa parut. Sajikan.
Produk Yang Dihasilkan
Keistimewaan G2K:
§  Harga terjangkau untuk semua kalangan
§  Dengan rasa yang enak dan mengenyangkan

2. Ruang lingkup usaha
       Karena usaha kami merupakan usaha skala kecil jadi ruang lingkup usaha kami masih kami pasarkan di daerah perumahan tempat produksi. Walaupun usaha kami baru skala kecil kami optimis akan dapat mengembangkannya dan mampu bersaing dengan kuliner-kuliner lainn


3. Struktur Organisasi
CEO   : Nurlia
General Manager : Dara 
Production Manager : Zidan
Financial Manager : Tiara
Marketing Manager : fathan
 




4. Uraian tentang kekuasaan
·         CEO (Direktur Utama)
Mengontrol, memonitoring semua kegiatan yang ada dalam perusahaan dan mampu membaca laporan keuangan perusahaan serta dapat mengambil keputusan.
·         General Manajer
Dapat mengatur seluruh departemen bagian dan menjalankan strategi perusahaan.
·         Financial Manajer
Mengontrol dan memonitoring semua yang berhubungan dengan masalah keuangan perusahaan, dan dapat mengatasi masalah keuangan.
·         Production Manajer
Dapat bertanggung jawab terhadap produksi dan menginovasikan produk yang akan diperjual  belikan.
·         Marketing Manajer
Dapat mempromosikan dan menawarkan produk yang perusahaan miliki melalui berbagai media.

BAB III
ANALISA MASALAH
1. Sumber modal
    Modal sendiri                                      Rp. 300.000,-

2. Penentuan Harga Produksi
1.      Biaya Bahan Baku                      Rp. 200.000,-
2.      Biaya Penolong                           Rp. 100.000,-
            Total Produksi BB + BP             Rp. 300.000,-

Sehingga Harga Pokok Produksi/pcs G2K adalah :
Rp. 300.000/350pcs = Rp. 857,-/pcs
Perkiraan laba yang diharapkan perusahaan kami sebesar Rp. 643,-/pcs
Jadi penentuan harga jual per pcs G2k adalah sebesar Rp. 1500,-/pcs

3. kapasitas  Produksi
1.      Kapasitas produksi rata-rata perbulan       :           350/bulan
2.      Target kapasitas produksi sebulan            :           350/bulan

4. Sumber Daya Manusia
Berikut adalah tabel jumlah tenaga kerja perusahaan kami, untuk saat ini kami baru memiliki tenaga kerja yang minim karena kapasitas  produksi perusahaan kami masih sedikit.



Bagian/Departemen
Jumlah
MANAJEMEN
1
PRODUKSI
2
PEMASARAN
2
KEUANGAN
1

5. Pemasaran
Daerah pemasaran kami masih di sekitar perumahan dan sekitarnya dan daerah kampus gunadarma kalimalang.

BAB IV
PEMBAHASAN MASALAH

1. SWOT
a.       Strenght (kekuatan)
§  Bahan mudah didapat
§  Untuk semua kalangan
b.      Weakness (kelemahan)
§  Mudah basi
§  Produk mudah ditiru
c.       Opportunity (peluang)
§  Belum banyak yang menjual makanan yang serupa
d.      Treats (ancaman)
§  Munculnya pesaing baru

TOWS
a.       Strength, Opportunities (SO)
§  Selalu membuat inovasi baru
b.      Weakness, Opportunities (WO)
§  Memberikan promosi dan memperluas sasaran pasar
c.       Strength, Theats (ST)
§  Memberikan harga yang terjangkau
d.      Weakness, Theats (WT)
§  Selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen


2. Penambahan Sumber Daya Manusia
Dengan jumlah tenaga kerja perusahaan kami yang masih kurang, kami berencana untuk menambah beberapa tenaga kerja. Khususnya di bagian produksi dan bagian marketing. Untuk itu kami ingin menambah tenaga kerja masing-masing satu orang untuk kami tempatkan di bagian produksi dan marketing.

3. Perluasan Target Pemasaran
    Untuk perluasan target pemasaran perusahaan kami akan mencoba memasarkan produk kami di daerah Bekasi Selatan dan sekitarnya.
   
BAB V
KESIMPULAN
G2K merupakan usaha kuliner yang bahan dasarnya mudah di dapat. Usaha ini sangat menjanjikan karena panganan ini di khususkan untuk semua kalangan dari kalangan anak-anak sampai dewasa dengan harga terjangkau. Panganan yang sehat dengan kandungan karbohidrat yang baik untuk tubuh serta mengenyangkan. Perusahaan akan selalu memberikan  pelayanan  dan  inovasi  baru  agar  konsumen  tidak  kecewa.  
      

No comments:

Post a Comment