Sunday, November 17, 2013

Jurnal Usaha


Bisnis Pisang Kremes
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Buah pisang kerap diolah menjadi camilan lezat. Olahan yang paling mudah dibuat dan banyak digemari orang adalah pisang goreng.
Makanya, kita bisa dengan mudah menjumpai gerai-gerai pedagang pisang goreng di kaki lima. Salah satu yang menggeluti usaha pisang goreng adalah Alfa Wijaya di Jakarta.
Alfa merintis usaha ini sejak 2011. Ia memilih variasi pisang goreng kremes berbumbu. Produk tersebut diberi nama Pisang Ongol-Ongol. Ada lima varian rasa pisang kremes yang ditawarkannya, yaitu rasa sambal balado, jagung manis, keju, coklat, dan barbekyu. Harganya Rp 3.000 per buah.
Lantaran melihat peluang yang besar dan banyak peminat, Alfa saat itu langsung membuka tawaran kemitraan. Alhasil, kini sudah terdapat 100 gerai Pisang Ongol-Ongol yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
Tertarik menjajal usaha ini? Alfa mengemas tiga pilihan paket kemitraan, yaitu paket super hemat, hemat, dan paket lengkap.
Besar investasi untuk paket super hemat bernilai Rp 3,5 juta. Mitra akan mendapatkan banner, bahan baku bumbu dan tepung, kemasan, seragam, DVD pelatihan, dan daftar rasa.
Sementara, paket hemat seharga Rp 5 juta. Mitra yang membeli paket ini bisa langsung berjualan. Pasalnya, pihak pusat memberikan booth, kompor, gas, perlengkapan masak lengkap, bahan baku bumbu dan tepung, banner, kemasan, pelatihan, dan menu.
Jika ingin menjual camilan pisang sekaligus minuman teh, Anda bisa memilih paket lengkap. Investasinya sebesar Rp 6 juta. Mitra berhak mendapatkan booth, kompor, gas, perlengkapan masak lengkap, bakan baku bumbu dan tepung, banner, pelatihan, serta kemasan untuk pisang dan teh.
Alfa memperkirakan, mitra bisa menghasilkan omzet sekitar Rp 9 juta per bulan. Dengan target laba bersih mencapai 40 persen, mitra diharapkan balik modal bisa dalam waktu satu hingga dua bulan.
Nantinya, mitra wajib membeli bahan baku berupa pisang dan bumbu dari pusat.         
(Pravita Kusumaningtias/Kontan)


JURNAL 

  •  Latar Belakang

Berbicara soal bisnis, kita bisa mendapatkan banyak sekali ide bisnis. Ide bisnis bisa muncul dimana saja dan berkaitan dengan apa saja. Di tengah jaman yang modern, semua manusia membutuhkan semua hal. Manusia menjadi makhluk yang sangat konsumtif dan tidak produktif.
 Oleh sebab itu banyak sekali bisnis yang berkembang dengan pesat terutama yang menawarkan barang dan jasa yang tentunya baru dan menarik semua orang. Semua orang membutuhkan makanan, dan hampir semua orang akan mau mencoba sesuatu makanan yang baru.
 Lalu bagaimana dengan Anda? Bisnis pisang tentu akan menjadi bisnis camilan yang menguntungkan bagi Anda. Kita memang sudah kerap mendapati gerai camilan pisan di banyak tempat. Gerai pisang kremes saat ini memang dianggap sebagai bisnis kecil yang tidak menguntungkan. Tapi coba tengok terlebih dahulu apa yang dilakukan oleh Alfa Wijaya ini.
Alfa sendiri baru merintis bisnisnya ini tahun 2011. Bisnis pisang pada awalnya memang dipilih karena buah pisang sendiri dianggap sangat mudah ditemukan dan harganya yang tidak terlalu mahal. Alfa kemudian juga memilih menggunakan varian pisang goreng kremes sebagai produk Andalannya.

Nama Usaha                : UD. Pisang Ongol-Ongol
Pemilik Usaha              : Alfa Wijaya
Alamat Usaha              : Jln. Sukaria Raya No.32 Makasar – Sulawesi Selatan
Contact Person            : 085299382842
Email                           : pisangongol2@yahoo.co.id
Website                       : www.pisangongol2.com



  •  Pembahasan

Jurnal ini saya buat  untuk menganalisa sebuah usaha yang berkembang di bidang kuliner. Saya tertarik membahas bisnis pisang kremes ini karena menurut saya peluangnya sangat besar selain itu bahan bakunya yaitu pisang tidak sulit didapatkan. Yang akan saya bahas adalah usaha pisang kremes/pisang ongol-ongol yang dirintis oleh Alfa Wijaya yang saat ini telah memiliki 100 gerai pisang yang tersebar di segala area di Indonesia. Pisang Ongol-Ongol milik Alfa Wijaya ini memang sudah sangat dikenal. Dan Saat ini Alfa sendiri telah menyediakan tiga buah paket kemitraan untuk Anda jika anda berminat untuk berkerjasama.
 UD. Pisang Ongol-Ongol itu sendiri adalah sebuah peluang usaha yang diciptakan untuk memperkenalkan hidangan pisang goreng yang dihidangkan dengan lima variasi rasa yang fantastik, gurih, crispi dan renyah dimulut yang di padukan dengan teh ongol-ongol menambah sensasi tersendiri dalam menikmatinya. Pisang Ongol-Ongol dipilih sebagai nama yang cocok untuk produknya ini. Saat ini Alfa memberikan varian rasa pada pisangnya. Jadi semua orang tidak hanya akan merasakan rasa manis pisang saja namun bisa menambahkan rasa. Misalnya; rasa jagung manis, barbekyu, sambal balado, keju atau cokelat. Siapa sangka pisang kremesnya yang harganya Rp 3000 per buahnya ini sangat laku keras dan akhirnya memang membuat semua orang jatuh cinta dengan cemilan ini.
Keistimewaan dari  pisang ongol-ongol, Pada umumnya masyarakat Indonesia bila memakan pisang goreng selalu yang dikehendaki adalah manis dan renyah. Pisang Ongol - Ongol diciptakan dengan bentuk pisang yang lebih kreatif dan Peluang bisnis Waralaba / Franchise dengan hidangan pisang goreng  5 variasi Rasa yang Fantastik, Kremes dan Crispy diluarnya sehingga nikmat untuk dinikmati dimana saja dan kapan saja. Dan lebih istimewa lagi adalah tidak mengandung banyak minyak seperti pisang goreng lainnya sehingga tidak membuat anda repot membersihkan tangan anda dengan tissue. Semua ini didapat dengan pemilihan kualitas sumber bahan baku pisang yang baik dan manis, sehingga pada saat menikmatinya akan terasa lebih fresh, empuk, manis dan renyah.

Kesimpulan
Pisang Ongol - Ongol dapat mengangkat nama pisang goreng dari jajanan murahan menjadi jajanan yang bergengsi dan bernilai tinggi bahkan dapat dijadikan bisnis yang sangat menguntungkan. Karena jenis makanan ini sangat digemari kalangan masyarakat indonesia.



                                                                                                              

No comments:

Post a Comment