Saturday, March 22, 2014

komunikasi bisnis



KESALAHPAHAMAN  DALAM  KOMUNIKASI

         1.         Masalah dalam Mengembangkan pesan
Sumber masalah potensial dalam mengembangkan suatu pesan adalah saat merumuskan pesan tersebut. saat merumuskan pesan dapat timbul masalah-masalah yang disebabkan oleh munculnya keragu-raguan tentang isi pesan, kurang terbiasa dengan situasi yang ada atau dengan orang yang akan menerima, adanya pertentangan emosi, atau adanya kesulitan dalam mengekpresikan ide atau gagasan.
Jika seseorang gagal dalam mengembangkan pesan, maka proses komunikasi akan dimulai dengan sesuatu yang salah, yang pada akhirnya akan membawa kegagalan yang akan berkelanjutan atau terus-menerus.
         2.         Masalah dalam Menyampaikan Pesan
Masalah yang muncul dalam penyampaian suatu pesan adalah disampaikannya dua buah pesan yang mempunyai arti berlawanan, atau disampaikannya dua buah pesan secara bersamaan, sehingga muncul gangguan dalam arus komunikasi. Masalah serupa juga muncul, bila pesan disampaikan melalui saluran penghubung yang cukup panjang.  Orang terakhir yang menerima pesan mungkin hanya dapat menangkap sebagian kecil dari pesan atau bahkan pesan yg diterima bertentangan dengan pesan aslinya.
         3.         Masalah dalam Menerima Pesan
Sebagaimana halnya dengan penyampaian pesan, penerimaan pesan juga tak luput dari masalah. Masalah yang muncul dalam penerimaan suatu pesan antara lain adanya persaingan antara penglihatan dengan suara, kursi yang tidak nyaman, lampu yang kurang terang, dan kondisi lain yang dapat mengganggu konsentrasi penerima.
            Dalam beberapa kasus, gangguan yang muncul berkaitan dengan kesehatan si penerima pesan. Pendengaran yang kurang baik, penglihatan yang mulai kabur atau bahkan sakit kepala, dapat mengganggu penerimaan suatu pesan. Tetapi agaknya gangguan yang paling umum terjadi adalah kurangnya konsentrasi karena pikiran melayang memikirkan hal-hal lain diluar yang dibicarakan atau melamun.
         4.         Masalah dalam Menafsirkan Pesan
Contoh yang sederhana adalah apabila  ada dua orang yang berasal dari daerah dengan latar belakang budaya yang cirinya bertolak belakang, yang seorang berasal dari daerah berkebudayaan halus sedang yang lain berasal dari daerah yang cara bicaranya meledak-ledak, bercakap-cakap. Tentunya akan terjadi banyak kesalahpahaman di antara mereka yang diakibatkan oleh kesalahan dalam menafsirkan pesan.
·          Perbedaan latar belakang
Bila pengalaman hidup penerima secara mendasar berbeda dengan pengirim pesan, maka komunikasi menjadi semakin sulit. Perbedaan usia, pendidikan, jenis kelamin, status sosial, kondisi ekonomi, latar belakang budaya, temperamen, kesehatan, kecantikan, popularitas, dan agama, dapat mengganggu proses komunikasi.
·          Perbedaan penafsiran kata
Masalah dalam memahami pesan sebenarnya terletak pada bahasa, yang menggunakan kata-kata sebagai simbol untuk menggambarkan suatu kenyataan.
·          Perbedaan reaksi emosional
Suatu hal yang cukup menarik adalah seseorang mungkin bereaksi secara berbeda terhadap kata yang sama pada keadaan yang berbeda. Suatu pesan yang jelas dan dapat diterima di suatu kondisi, bisa jadi membinggungkan bila diungkapkan dalam situasi yang berbeda. Hak ini tergantung pada hubungan emosional antara penerima dan pengirim pesan. Setiap pesan paling tidak mencakup dua hal: 1. Dalam arti isi (content) yang berkaitan dengan subjek suatu pesan; 2. Dalam arti hubungan (relationship), yang memberi sifat interaksi antara pengirim dan penerima suatu pesan. Komunikasi dapat terganggu bila penerima bereaksi secara negatif baik dalam arti “isi” maupun “hubungan”

No comments:

Post a Comment