Komunikasi Efektif di
Tempat Kerja
Demi kelancaran fungsi dan
efisien dari sebuah organisasi, komunikasi yang efektif di tempat kerja
sangatlah penting. Untuk itu, seorang manajer harus memiliki komunikasi yang
baik dengan bawahannya.
Dalam
sebuah organisasi harus ada komunikasi dua arah. Seorang manajer harus memiliki
kontak pribadi bawahannya. Karena seorang manajer harus mengkomunikasikan
tujuan dan kebijakan kepada bawahannya dan harus mendapatkan umpan balik dari
itu.
Dalam proses komunikasi, umpan
balik memainkan peranan yang sangat penting. hal ini akan memungkinkan kita
untuk mengevaluasi efektivitas pesan. Memberikan kesempatan kepada bawahan
untuk memberikan umpan balik sangat penting untuk menjaga iklim komunikasi
terbuka. Seorang manajer harus menciptakan lingkungan yang mendorong umpan
balik.
Sebagai contoh, setelah
mengkomunikasikan tugas dan pekerjaan, seorang manajer harus bertanya, “Apakah
kalian semua mengerti?”, “Apakah sudah jelas?”, “Apakah ada yang perlu
ditanyakan?”, dan lainnya. Hal ini akan memastikan apakah pesan yang
disampaikan sudah dipahami atau belum.
Sebuah
komunikasi baik ke atas maupun ke bawah sama pentingnya. Seorang manajer akan
terus mencari informasi tentang kepuasan kerja karyawan, perasaan karyawan
kepada rekan-rekan mereka, dan tentang organisasi pada umumnya untuk
dikomunikasikan ke atas.
Komunikasi ke bawah juga sama
pentingnya, seorang manajer dapat memberikan intruksi kerja, menjelaskan peran
dan kebijakan dan menjelaskan masalah-masalah yang perlu diselesaikan dengan
segera.
Demikian
pula kita memiliki komunikasi horizontal dalam sebuah organisasi yang juga
sangat penting. Adalah penting ketika orang bekerja di tingkat yang sama harus
memiliki komunikasi yang efektif di antara mereka sehingga ada koordinasi di
antara mereka.
Komunikasi di tempat kerja harus
jelas, ringkas dan spesifik. Harus ada penggunaaan bahasa yang efektif di
tempat kerja. Bahasa tubuh mencerminkan posisi seseorang dalam sebuah
organisasi. Untuk itu, seorang manajer harus memiliki dan menunjukkan bahasa
tubuh yang efektif saat berkomunikasi dengan bawahannya.
http://www.marketing.co.id/komunikasi-efektif-di-tempat-kerja/
No comments:
Post a Comment