Monday, April 14, 2014

meningkatkan keterampilan komunikasi



CARA MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI

Komunikasi merupakan suatu keterkaitan antara individu-individu dengan organisasi. Kemampuan untuk memahami apa yang sedang terjadi sangat tergantung pada kepekaan seseorang sebagai komunikator. Bila dinamika komunikasi telah diketahui, apa yang sedang terjadi dalam suatu organisasi dapat terbaca dengan akurat. Jaringan komunikasi yang jelas juga memungkinkan tersampaikannya pesan-pesan dengan baik.

Di samping itu, keterampilan komunikasi, kemampuan membaca, menulis, mendengar, dan berbicara, sangat penting dan harus dimiliki oleh para pimpinan perusahaan, karena merupakan faktor yang sangat mempengaruhi keberhasilan dalam dunia bisnis.

Seorang sekertaris, pelatih manajemen, akuntan, analis keuangan, pialang, peneliti atau spesialis sumber daya manusia, membutuhkan kemampuan berkomunikasi dengan orang lain secara efektif dan efisien. Namun demikian, beberapa jenis pekerjaan memerlukan keterampilan komunikasi yang lebih besar daripada yang lain. Sebagai contoh, seorang salesman atau seorang spesialis hubungan masyarakat memerlukan keterampilan komunikasi yang lebih besar dibanding seorang peneliti di laboratorium.

Beberapa keterampilan khusus yang diperlukan dalam komunikasi bisnis adalah :
a.       Membaca
b.      Mendengarkan
c.       Membuat atau melakukan percakapan yang menarik
d.      Melakukan wawancara
e.      Berhubungan dengan kelompok-kelompok kecil
f.        Berpidato dan melakukan presentasi
g.       Menulis surat, memo dan laporan

Barangkali, cara terbaik untuk melakukan perbaikan program adalah dengan menilai diri pribadi secara jujur. Setiap orang berkeinginan untuk mengembangkan keterampilan berkomunikasi, dan mungkin anda adalah seorang pendengar yang baik, atau mungkin penulis yang baik. Dalam beberapa hari kemudian, coba perhatikan kemauan anda berkomunikasi, ada perbaikan atau tidak. Coba perhatikan cara anda berkomunikasi, yang benar dan yang salah. Selanjutnya, pusatkan dan kembangkan keterampilan anda pada bidang-bidang yang paling lemah. Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi adalah melalui latihan-latihan atau praktek-praktek.

Dalam kehidupan banyak dijumpai orang-orang yang tidak begitu saja menjadi penulis atau pembicara yang ulung. Mereka menjadi orator ulung atau penulis jempolan karena mereka melakukan latihan dan praktek secara teratur dan terus-menerus. Seseorang yang telah menulis sepuluh buah laporan biasanya akan menghasilkan tulisan yang lebih baik daripada mereka yang hanya menulis dua laporan. Anda belajar dari pengalaman, dan pelajaran yang paling penting dari pengalaman anda adalah dari kesalahan dan kegagalan yang pernah anda lakukan.

Referensi :           Djoko Purwanto, Komunikasi Bisnis, Erlangga

No comments:

Post a Comment