ETIKA BERTELEPON
Dalam beberapa kasus, komunikasi telepon sering dipilih karena
dianggap memudahkan bisnis. Namun demikian, meskipun kedua pihak setuju,
ada beberapa yang harus diperhatikan sebagai bentuk etika dalam
berkomunikasi lewat telepon untuk berbisnis.
1. Sebelum Anda menelepon, pastikan bahwa Anda telah menyiapkan
materi apa saja yang akan disampaikan. Jangan sampai kurangnya persiapan
akan membuat rekan bisnis Anda menganggap hal tersebut main-main.
Siapkan beberapa poin yang Anda tulis di kertas. Hal tersebut akan
membantu Anda menyampaikan hal-hal yang penting lebih mudah.
2. Sebaiknya gunakan nama depan Anda saat memperkenalkan diri.
Sampaikan dengan jelas nama, jabatan, hingga perusahaan yang Anda
wakilkan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk lain dari salam pembuka yang
ramah dan hangat.
3. Jika rekan bisnis Anda menghubungi Anda lebih dahulu, pastikan
Anda tidak membiarkannya untuk menunggu lama. Jika Anda sedang sibuk,
angkat telepon, kemudian sampaikan dengan sopan bahwa Anda akan kembali
menghubunginya beberapa saat lagi.
4. Dengarkan dengan seksama dan penuh perhatian mengenai hal-hal yang
disampaikan rekan bisnis Anda. Hindari memotong pembicaraan.
5. Pastikan Anda tidak membuat perbincangan di luar konteks bisnis.
Lakukan secara profesional, hindari perbincangan yang tidak masuk ke
dalam urusan bisnis.
6. Jika perbincangan di telepon sudah selesai, segera tindak lanjuti
telepon dari klien atau pelanggan. Ini penting untuk meningkatkan
kepercayaan dari mereka sekaligus menunjukan bentuk pelayanan terbaik
dari Anda. (as/metrotvnews)
http://www.ciputraentrepreneurship.com
No comments:
Post a Comment