HAL-HAL YANG MENYEBABKAN PESAN-PESAN TAK TERORGANISASI
Dalam suatu organisasi, pesan-pesan yang disampaikan
oleh pimpinan kepada para bawahannya, kadangkala tak terorganisasi dengan baik.
Hal ini menyebabkan pesan-pesan yang disampaikan tidak mengenai sasaran, atau
hasilnya tidak sesuai dengan apa
yang dikehendaki. Mengapa hal ini bisa
terjadi? Tidak terorganisasinya komunikasi dengan baik dapat disebabkan oleh
beberapa hal sebagai berikut:
1.
Bertele-tele
Seringkali
pesan pembuka pada awal sebuah surat terlalu panjang hingga mencapai beberapa
paragraf, baru kemudian masuk ke topik bahasan. Dengan kata lain, pesan-pesan
awal terlalu bertele-tele, pembaca memerlukan waktu yang cukup lama untuk memahami
maksud pesan-pesan yang disampaikan.
2.
Memasukkan bahan-bahan yang tidak
relevan
Faktor
berikutnya adalah adanya informasi yang tidak relevan, dan tidak penting, dalam
pesan yang disampaikan kepada audience. Informasi yang tidak relevan,
disamping membuang-buang waktu, juga dapat membuat pesan-pesan yang disampaikan
menjadi kabur, tidak jelas dan sulit dipahami. Oleh karena itu, sebaiknya hanya
informasi yang relevan dan penting saja yang disampaikan kepada audience.
3.
Menyajikan ide-ide secara tidak logis
Penyebab
selanjutnya adalah adanya ide-ide yang tidak logis dan tidak terkait dengan
topik bahasan yang disampaikan pada audience. Hal ini menyebabkan
ketidaklancaran komunikasi. Karena audience akan sulit memahami poin-poin
penting yang disampaikan.
4.
Informasi penting kadangkala tidak
tercakup dalam pembahasan
Apabila pesan-pesan yang
tidak relevan, pesan-pesan yang tidak penting, dan pesan-pesan yang bersifat
bombastis lebih dominan, ada kecenderungan poin-poin yang penting justru
terlupakan dari topik pembahasan. Karena asyik membahas hal-hal yang hanya
bersifat pelengkap atau pendukung saja, poin-poin yang seharusnya memperoleh
porsi bahasan yang lebih besar menjadi terabaikan.
Keempat masalah tersebut sering terjadi dalam
komunikasi bisnis. Oleh karena itu, hal-hal tersebut perlu memperoleh perhatian
yang seksama dari para komunikator.
PENTINGNYA PENGORGANISASIAN YANG BAIK
Dengan mengatur ide-ide secara logis, berurutan, dan
tidak bertele-tele, ide yang disampaikan akan dapat memuaskan kebutuhan-kebutuhan
informasi, motivasi maupun praktis bagi para audience. Mengorganisasi
pesa-pesan secara baik adalah suatu tantangan bagi komunikator. Untuk dapat
melakukannya dengan baik, ada 4 hal yang perlu diperhatikan yaitu:
1)
Subjek dan tujuan harus jelas
2)
Semua informasi harus berhubungan dengan subjek dan
tujuan
3)
Ide-ide harus dikelompokkan dan disajikan dengan cara
yang logis
4)
Semua, informasi yang penting harus sudah tercakup
Suatu pesan yang disusun dengan baik akan membantu
audience memahami pesan yang disampaikan, membantu audience menerima pesan,
menghemat waktu audience, dan mempermudah pekerjaan komunikator.
a.
Membantu audience memahami suatu
pesan
Dengan
mengemukakan poin-poin penting penting secara jelas, menyusun ide-ide secara
logis dan runtut, dan memasukkan semua informasi yang relevan dalam pesan,
audience dengan mudah akan memahami maksud/ tujuan pesan.
b.
Membantu audience menerima suatu
pesan
Pengorganisasian
pesan-pesan yang baik disamping membantu audience memahami maksud pesan, juga
membantu audience untuk menerima pesan tersebut. misalnya, seorang konsumen
yang mengadukan masalah pembelian suatu produk kepada manajer toko, memperoleh
jawaban yang tidak menyenangkan atau mengecewakan. Mungkin saja surat jawaban
yang diberikan telah disusun logis sehingga dapat dipahami maksudnya, namun
tidak dapat diterima oleh konsumen karena gaya bahasa yang digunakan terlalu
menusuk pada sasaran.
c.
Menghemat waktu
Apabila suatu
pesan tidak terorganisir dengan baik, penyampaiannya akan menghabiskan waktu
audience. Mengapa demikian? Salah satu tujuan pengorganisasian pessa-pesan yang
baik adalah penyampaian informasi atau ide-ide yang relevan saja. Dengan hanya
menyampaikan informasi yang relevan, waktu audience akan dapat dihemat. Di
samping itu, audience dapat dengan mudah mengikuti alur pemikiran pesan yang
disampaikan, tanpa harus memeras otak dan mengerutkan dahi.
d.
Mempermudah pekerjaan komunikator
Pengorganisasian
pesan-pesan yang baik dapat membantu pekerjaan komunikator, sehingga dapat
selesai lebih cepat dan hemat waktu. Hal ini merupakan faktor yang sangat
penting dalam dunia bisnis, di mana penyelesaian pekerjaan dengan baik, cepat,
dan efisien merupakan suatu tujuan. Dengan mengetahui apa yang ingin
disampaikan, dan mengetahui cara menyampaikannya rasa percaya diri komunikator
akan meningkat. Semakin meningkat tinggi rasa percaya diri komunikator, semakin
cepat dan efisien ia menyelesaikan pekerjaan.
Referensi : Djoko Purwanto, Komunikasi Bisnis, Erlangga
No comments:
Post a Comment