Pelayanan
Prima
Pada dasarnya
pelayanan prima adalah pelayanan yang baik kepada calon pembeli/pelanggan agar
pelanggan puas. Dapat dikatakan pula bahwa pelayanan prima merupakan faktor
kunci dalam keberhasilan suatu usaha, karena jika penjual dapat memberikan
pelayanan dan mutu barang yang bail, maka peluang untuk sukses akan terbuka
lebar di depannya. Apabila penjual ingin sukses dalam memasarkan barang
produksi/dagangannya maka penjual tersebut harus mengusahakan agar mutu tetap
terjamin, cukup kuantitas, dan pelayanan memuaskan serta menyenangkan.
Untuk mengetahui
kesenangan, dapat dilakukan dengan cara meminta informasi kepada pelanggan,
misalnya kesenangan apa yang mereka inginkan dan harapkan dari pelayanan yang
disajikan pengusaha atau penjual. Untuk dapat memberikan pelayanan yang
menyenangkan harus diperhatikan hal-hal berikut:
1.
Lokasi usaha harus deket
dengan pelanggan.
2.
Berikan kemudahan-kemudahan
kepada pelanggan.
3.
Tentukan jam kerja yang
menyenangkan bagi pelanggan.
4.
Tetapkan apakah barang
perlu diantar atau tidak.
5.
Berikan kemudahan untuk
menggunakan kartu kredit.
6.
Latihlah karyawan untuk
dapat melakukan transaksi dengan cepat, hemat waktu, dan sopan.
Penjual atau
wirausahawan mengetahui bahwa salah satu cara terbaik untuk mempertahankan
pelanggan dan menarik pelanggan baru adalah dengan menyajikan pelayanan yang
lebih baik yang tidak tertandingi oleh pesaing lain. Cara menciptakan pelanggan
dan kepuasan pelanggan dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
a.
Dengarkan dan perhatikan
pelanggan/pembeli.
b.
Tetapkan pelayanan yang
baik.
c.
Tetapkan ukuran dan kinerja
yang standar.
d.
Berikan perlindungan
hak-hak pelanggan/pembeli.
e.
Berlatih dan mencari cara
yang istimewa untuk memberikan pelayanan.
No comments:
Post a Comment