Monday, June 3, 2013

pelayanan prima

Pelayanan Prima

      Pada dasarnya pelayanan prima adalah pelayanan yang baik kepada calon pembeli/pelanggan agar pelanggan puas. Dapat dikatakan pula bahwa pelayanan prima merupakan faktor kunci dalam keberhasilan suatu usaha, karena jika penjual dapat memberikan pelayanan dan mutu barang yang bail, maka peluang untuk sukses akan terbuka lebar di depannya. Apabila penjual ingin sukses dalam memasarkan barang produksi/dagangannya maka penjual tersebut harus mengusahakan agar mutu tetap terjamin, cukup kuantitas, dan pelayanan memuaskan serta menyenangkan.

     Untuk mengetahui kesenangan, dapat dilakukan dengan cara meminta informasi kepada pelanggan, misalnya kesenangan apa yang mereka inginkan dan harapkan dari pelayanan yang disajikan pengusaha atau penjual. Untuk dapat memberikan pelayanan yang menyenangkan harus diperhatikan hal-hal berikut:

1.       Lokasi usaha harus deket dengan pelanggan.
2.       Berikan kemudahan-kemudahan kepada pelanggan.
3.       Tentukan jam kerja yang menyenangkan bagi pelanggan.
4.       Tetapkan apakah barang perlu diantar atau tidak.
5.       Berikan kemudahan untuk menggunakan kartu kredit.
6.       Latihlah karyawan untuk dapat melakukan transaksi dengan cepat, hemat waktu, dan sopan.

     Penjual atau wirausahawan mengetahui bahwa salah satu cara terbaik untuk mempertahankan pelanggan dan menarik pelanggan baru adalah dengan menyajikan pelayanan yang lebih baik yang tidak tertandingi oleh pesaing lain. Cara menciptakan pelanggan dan kepuasan pelanggan dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
a.       Dengarkan dan perhatikan pelanggan/pembeli.
b.      Tetapkan pelayanan yang baik.
c.       Tetapkan ukuran dan kinerja yang standar.
d.      Berikan perlindungan hak-hak pelanggan/pembeli.
e.      Berlatih dan mencari cara yang istimewa untuk memberikan pelayanan.

No comments:

Post a Comment