Monday, June 3, 2013

pemasaran


PENGERTIAN PEMASARAN

     Menurut philip kotler pemasaran ialah serangkaian kegiatan manusia yang ditujukan untuk memperlancar serta menyempurnakan pertukaran. Sehingga pemasaran dapat diartikan sebagai kegiatan bisnis yang meliputi perencanaan, menentukan harga, dan mempromosikan serta mendistribusikan barang dan jasa yang bertujuan untuk memuaskan konsumen.
      Pemasaran produk adalah bagian yang paling penting dalam suatu perusahaan. Pemasaran dapat dikatakan sebagai jantungnya perusahaan. Apabila pemasaran mengalami kesulitan maka bagian-bagian yang lain dalam suatu perusahaan, contohnya bagian produksi pasti akan terganggu.
      Karena pentingnya, maka pemasaran harus direncanakan dengan matang. Adapun pentingnya perencanaan pemasaran ialah dapat menentukan rencana mengalirnya barang dan jasa.
Oleh karena itu, perencanaan pemasaran berisi tentang :
1.      Analisis situasi lingkungan dan peluang pasar
2.      Menentukan strategi pemasaran
3.      Mengembangkan sasaran pemasaran
4.      Menentukan taktik (pelaksanaan) pemasaran

    Agar pemasaran dapat berhasil maka harus didasarkan pada data, fakta, dan asumsi yang benar, yaitu:
a.      Siapa target marketnya, di mana lokasinya, dan berapa daya serapnya.
b.      Bagaimana cara produksi yang efektif dan efisien.
c.       Adakah perubahan harga pasar.
d.      Bagaimana cara distribusinya.
e.      Adakah saingannya.
f.        Bagaimana analisa SWOT.
g.      Bagaimana SDM dan fasilitas yang ada.

No comments:

Post a Comment