PENGERTIAN
PEMASARAN
Menurut philip kotler pemasaran
ialah serangkaian kegiatan manusia yang ditujukan untuk memperlancar serta
menyempurnakan pertukaran. Sehingga pemasaran dapat diartikan sebagai
kegiatan bisnis yang meliputi perencanaan, menentukan harga, dan mempromosikan
serta mendistribusikan barang dan jasa yang bertujuan untuk memuaskan konsumen.
Pemasaran produk adalah bagian yang
paling penting dalam suatu perusahaan. Pemasaran dapat dikatakan sebagai
jantungnya perusahaan. Apabila pemasaran mengalami kesulitan maka bagian-bagian
yang lain dalam suatu perusahaan, contohnya bagian produksi pasti akan
terganggu.
Karena pentingnya, maka pemasaran harus
direncanakan dengan matang. Adapun pentingnya perencanaan pemasaran ialah dapat
menentukan rencana mengalirnya barang dan jasa.
Oleh karena
itu, perencanaan pemasaran berisi tentang :
1.
Analisis situasi lingkungan dan peluang pasar
2.
Menentukan strategi pemasaran
3.
Mengembangkan sasaran pemasaran
4.
Menentukan taktik (pelaksanaan) pemasaran
Agar
pemasaran dapat berhasil maka harus didasarkan pada data, fakta, dan asumsi
yang benar, yaitu:
a.
Siapa target marketnya, di mana lokasinya, dan berapa
daya serapnya.
b.
Bagaimana cara produksi yang efektif dan efisien.
c.
Adakah perubahan harga pasar.
d.
Bagaimana cara distribusinya.
e.
Adakah saingannya.
f.
Bagaimana analisa SWOT.
g.
Bagaimana SDM dan fasilitas yang ada.
No comments:
Post a Comment