Sunday, June 9, 2013

SEJARAH ILMU AKUNTANSI



    Secara garis besar sejarah ilmu akuntansi adalah sebagai berikut :
Pada tahun 1494 di italia oleh Lucas Paciolo, seorang flater (rohaniawan) yang kemudian disebut sebagai Bapak Akuntansi, menerbitkan sebuah buku dengan judul “Summa de Arithmatica, Geometrica Proportioni at Propartionalita” yang berisi tentang ilmu hitung pasti, tetapi dalam buku tersebut terdapat satu bab yang membicarakan tentang pencatatan berpasangan (rangkap). Bab inilah yang kemudian berkembang menjadi satu disiplin ilmu tersendiri.
Pada abad ke -19 terjadi perkembangan revolusi industri di daratan Eropa sehingga pusat perdagangan dunia berpindah dari sekitar Laut Tengah ke Inggris. Hal ini berdampak pada perkembangan ilmu akuntansi yaitu dengan berkembangnya bidang akuntansi biaya dan munculnya konsep penyusutan (depresiasi).
Pada akhir abad ke-19 dengan diketemukannya Benua Amerika mengakibatkan banyak perusahaan dari Eropa pindah ke Amerika sehingga tumbuhlah perusahaan-perusahaan raksasa di Amerika dan Akuntansi lebih dikembangkan dan disempurnakan di Amerika Serikat.
Pada tahun 1930 diadakan pembahasan pertama kali antara New York Stock Exchange dengan America Institute of Certified Publik Accountant untuk menetapkan prinsip-prinsip akuntansi.
Sumber referensi
Cakrawala smk siklus akuntansi 1



No comments:

Post a Comment