Monday, June 3, 2013

segmen pasar


Menentukan Segmen Pasar

       Segmentasi Pasar ialah mengelompokkan konsumen berdasarkan pada kebutuhannya. Segmentasi pasar bertujuan agar pemasaran produk dapat terarah, efektif, dan efisien.
Segmentasi pasar dapat efektif dan efisien apabila memenuhi persyaratan sebagai berikut :

1.      Harus dapat dilaksanakan (actionable)
2.      Harus dapat diukur (measureable)
3.      Harus cukup luas (substansial)
4.      Harus dapat dicapai (accesible)

Adapun dasar segmentasi pasar adalah:
a.      Faktor demografi
Meliputi umur, kepadatan penduduk, jenis kelamin, agama, pendidikan, pekerjaan, kebangsaan, status sosial, dan jumlah keluarga.
b.      Faktor penghasilan
Meliputi pendapatan konsumen, sosial ekonomi, dan kekayaan.
c.       Faktor sosiologis
Yaitu faktor budaya yang ada pada kalangan masyarakat.
d.      Faktor psikologis
Meliputi faktor kepribadian konsumen, sikap mentalnya, dan manfaat produk yang dibaca serta dibutuhkan.
e.      Faktor geografis
Yaitu faktor letak suatu daerah.

No comments:

Post a Comment